Iklan dan Dimensi
Etisnya
Iklan
ialah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang
keunggulan suatu produk sehingga mengubah pikiran konsumen untuk melakukan
pembelian.
Fungsi Iklan sebagai
Pemberi Informasi
- Iklan sebagai pemberi informasi tentang produk yang ditawarkan dipasar.
- Iklan sebagai pembentuk pendapat umum tentang sebuah produk.
Beberapa Persoalan Etis
Periklanan
- Iklan merongrong otonomi dan kebebasan manusia.
- Iklan yang manipulatif dan persuasif non-rasional menjadikan manusia yang konsumtif.
- Iklan merongrong rasa keadilan sosial dan memicu kesenjangan sosial.
Makna Etis Menipu dalam
Iklan
- Iklan merongrong otonomi dan kebebasan manusia. Iklan membuat manusia tidak lagi dihargai kebebasannya dalam menentukan pilihan untuk membeli produk tertentu. Manusia didikte oleh iklan dan tunduk pada kemauan iklan, khususnya iklan manipulatif dan persuausif yang tidak rasional.
- Iklan manipulatif dan persuasif non-rasional menciptakan kebutuhan manusia dengan akibat manusia modern menjadi konsumtif.
- Iklan manipulatif dan persuasif non-rasional malah membentuk dan menentukan identitas atau citra diri manusia modern. Manusia modern merasa belum menjadi dirinya kalau belum memiliki barang sebagaimana ditawarkan iklan.
- Bagi masyarakat Indonesia dengan tingkat perbedaan ekonomi dan sosial yang sangat tinggi, iklan merongrong rasa keadilan sosial masyarakat.
Secara
singkat dapat disimpulkan bahwa iklan yang menipu dan karena itu secara
moral dikutuk adalah iklan yang secara
sengaja menyampaikan pernyataan yang tidak sesuai dengan kenyataan dengan
maksud menipu atau yang menampilkan pernyataan yang biasa menimbulkan
penafsiran yang keliru peda pihak konsumen yang sesungguhnya berhak mendapatkan
informasi yang benar apa adanya tentang produk yang ditawarkan dalam pasar.
Kebebasan Konsumen
- Iklan merupakan suatu aspek pemasaran yang penting, karena iklan menentukan hubungan antara produsen dan konsumen;
- Iklan menentukan pula hubungan penawaran dan permintaan antara produsen dan pembeli, yang pada gilirannya ikut pula menentukan harga barang yang dijual di pasar;
- Sebagai mahluk sosial kita tidak bisa lepas dari pengaruh dan informasi orang lain, namun tidak berarti pengaruh tadi membelenggu dan meniadakan kebebasan setiap individu;
- Profesi periklanan dan organisasi profesi periklanan perlu benar-banar perlu punya komitmen moral untuk mewujudkan iklan yang baik bagi masyarakat.
Sumber :
http://www.slideshare.net/hongland/iklan-dan-dimensi-etisnya-etika-pasar-bebas-monopoli
Tidak ada komentar:
Posting Komentar