Monopoli
Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk
atau jenis pasar yang hanya terdapat satu kekuatan atau satu penjual atau satu
perusahaan yang menguasai seluruh penawarannya. Pada pasar ini tidak ada pihak
lain yang dapat menyainginya, sehingga menjadi pure monopoly atau monopoli
murni. Perusahaan yang monopoli menghasilkan produk yang tidak diproduksi oleh
perusahaan lain, tidak ada pengganti yang mirip. Contoh pasar monopoli adalah
perusahaan negara, perusahaan minyak bumi serta gas alam dan lainnya.
Pasar monopoli memiliki ciri-ciri
yang sangat bertentangan dengan ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar persaingan
sempurna. Adapun ciri-ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut:
- Di dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual. Barang atau jasa yang dihasilkan hanya dapat dibeli di pasar monopoli, tidak tersedia di tempat lain.
- Jenis barang yang diproduksi atau dijual tidak ada barang penggantinya, nosubstituties yang mirip. Barang yang dihasilkan merupakan satu-satunya dan jenis barang tersebut tidak dapat digantikan oleh barang lainnya.
- Adanya hambatan atau rintangan atau barriers bagi perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar monopoli. Hambatan ini merupakan faktor kuat mengapa pasar monopoli terbentuk. Hambatan dapat berupa legalistas yaitu dibatasi oleh undang-undang, hambatan teknologi yaitu teknologi yang digunakan sangat tinggi sehingga barang sulit ditiru, atau hambatan modal yaitu perlunya modal besar dalam memproduksi barang sejenis.
- Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang sesuai keinginannya. Namun demikian, Penjual ini tidak mempengaruhi harga dan output dari produk lain yang dijual atau ditawarkan dalam perekonomian.
- Sifat monopolinya menyebabkan Perusahaan tidak memerlukan promosi atau iklan dalam memasarkan produknya. Tidak ada barang alternatif atau penggantinya menyebabkan pembeli terpaksa membeli hasil produksi dari perusahaan monopoli.
Oligopoli
Pasar oligopoli
adalah suatu bentuk pasar yang terdiri dari beberapa produsen atau penjual yang
menguasai penawaran. Penguasaan penawaran dalam pasar oligopoli dapat dilakukan
secara independen atau sendiri-sendiri ataupun secara diam-diam bekerja sama.
Contoh pasar oligopoli antara lain pasar bagi perusahaan industri motor, industri
baja, industri rokok, dan industri sabun mandi.
Ciri-ciri pasar oligopoli di antaranya adalah sebagai berikut :
·
Hanya terdapat sedikit penjual,
biasanya antara tiga sampai dengan sepuluh yang menjual produk
substitusi. Pasar oligopoli mempunyai kurva permintaan dengan elastisitas
silang atau cross elasticity of demand yang relatif tinggi.
·
Pada pasar oligopoli terdapat
rintangan yang menyebabkan perusahaan lain sulit memasukinya. Hal ini karena
perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit.
·
Keputusan harga yang diambil oleh
suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain.
Undang-undang anti monopoli
Undang-Undang
Anti Monopoli No 5 Tahun 1999 memberi arti kepada monopolis sebagai suatu
penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau atas penggunaan
jasa tertentu oleh satu pelaku usaha atau kelompok pelaku usaha (pasal 1 ayat
(1) Undang-undagn Anti Monopoli. Sementara yang dimaksud dengan “praktek
monopoli” adalah suatu pemusatan kekuatan ekonomi oleh salah satu atau lebih
pelaku yang mengakibatkan dikuasainya produksi atau pemasaran atas barang atau
jasa tertentu sehingga menimbulkan suatu persaingan usaha secara tidak sehat
dan dapat merugikan kepentingan umum.
Kasus pada berbagai struktur
pasar
Contoh
kasus dari struktur pasar adalah berdirinya pasar modern (super market)
disekitas pasar tradisional. Disini termasuk kedalam pasar monopoloistis yang
artinya didalam pasar ini terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang
serupa tapi tetap memiliki perbedaan. Dari kasus ini konsumen lebih memilih
untuk berbelanja dipasar modern tersebut, hingga membuat para produsen
mengalamai penurunan penghasilan. Kalau dilihat mengapa terjadi seperti itu,
bisa dikarenakan konsumen lebih memilih tempat yang lebih nyaman untuk mereka berbelanja
walaupun mungkin harga produknya sedikit lebih mahal. Tapi ini semua tergantung
dari selera konsumen, tidak semua konsumen nyaman dengan berbelanja dipasar
modern, begitu juga sebaliknya.
Sumber
http://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/pengertian-dan-ciri-ciri-pasar-monopoli/
mantap ... https://utaste.my.id/
BalasHapus